Home > Pendaftaran Online > Tahapan Seleksi

Tahapan Seleksi

Seleksi calon peserta tugas belajar SDM kesehatan terdiri atas 2 (dua) tahap yaitu: seleksi administrasi dan seleksi akademik.


1. Seleksi administrasi

Seleksi administrasi bagi calon peserta yang berasal dari Unit Utama Kemenkes dilaksanakan oleh Sekretariat Unit Utama Kemenkes, sedangkan seleksi administrasi bagi calon peserta yang berasal dari Provinsi dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi. 

Proses seleksi administrasi

a. Seleksi administrasi dilakukan dengan cara meneliti kelengkapan berkas dan kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. 

b. Pelaksana seleksi administrasi untuk calon yang berasal dari Unit Kerja di lingkungan Kemenkes dan UPT-nya, proses seleksi dilakukan oleh Unit Utama Kemenkes, untuk calon peserta yang berasal dari Dinkes Provinsi/Kab/Kota dan UPTD adalah Dinas Kesehatan Provinsi.

c. Hasil seleksi administrasi untuk calon peserta yang berasal dari Unit Utama & UPT-nya dan Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota & UPTD, disampaikan kepada Pustanserdik SDM Kesehatan yang telah disusun berdasarkan peringkat/prioritas (disertai berita acara pelaksanaan seleksi, softcopy daftar usulan). Seluruh kelengkapan dokumen sudah diterima oleh Pustanserdik paling lambat tanggal 6 April 2015 ke alamat  :



KEPALA PUSAT STANDARDISASI, SERTIFIKASI DAN 

PENDIDIKAN BERKELANJUTAN SDM KESEHATAN 

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN SDM KESEHATAN

c.q. BIDANG PENDIDIKAN BERKELANJUTAN SDM KESEHATAN

JL.HANG JEBAT III BLOK F3 KEBAYORAN BARU, 

JAKARTA SELATAN 12120


d. Tim pelaksana dan pengelola Tugas Belajar SDM Kesehatan Pustanserdik SDM Kesehatan tidak dapat menerima berkas persyaratan susulan dan langsung dinyatakan gugur.

e. Tim Pelaksana dan Pengelola Tugas Belajar SDM kesehatan Pustanserdik SDM Kesehatan melaksanakan verifikasi terhadap hasil seleksi administrasi. 

f. Pustanserdik SDM Kesehatan mengumumkan hasil seleksi administrasi untuk mengikuti seleksi akademik melalui website dan Dinas Kesehatan Provinsi/Unit Utama. Selanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi dan Unit Utama menyampaikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Unit Kerja serta UPT-nya.


2. Seleksi akademik.

Seleksi akademik dilaksanakan pada periode Mei – Agustus 2015 oleh Institusi Pendidikan  setelah calon peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi  di tingkat Pusat. 

Calon peserta yang lulus akademik  mengirimkan dokumen persyaratan registrasi ulang kepada unit utama atau Dinas Kesehatan provins iserta mengirimkan email ke Pustanserdik SDM Kesehatan (alamat email terlampir).  Pustanserdik SDM Kesehatan Badan PPSDM kesehatan sudah menerima dokumen persyaratan registrasi ulang paling lambat 7 September 2015. 

Hasil seleksi akademik, selanjutnya dikaji kembali oleh Tim Pengelola Program Tugas Belajar SDM kesehatan Kementerian Kesehatan sebagai salah satu dasar dalam penetapan peserta tugas belajar.